Apakah Kutil Kelamin Itu? Apa Sajakah Gejalanya?




Kutil kelamin ataupun kutil kemaluan merupakan salah satu jenis penyakit menular seksual yang umumnya ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui aktifitas seksual dan umumnya disebabkan oleh adanya jenis virus tertentu yang bernama Human Papilloma Virus (HPV).

Salah satu tandanya yaitu munculnya benjolan-benjolan seperti daging tumbuh yang berukuran kecil tidak berair dan tidak gatal tumbuh diarea kelamin atau dubur, kutil kelamin disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV).

Adapun cara yang lebih spesifik untuk mengindentifikasi penyakit kutil kelamin yaitu: tumbuhnya berkelompok, tidak berair, tidak gatal, tidak panas atau tidak perih, bergerombol seperti bunga kol atau jengger ayam, berwarna putih atau merah muda.

Selain itu, seseorang akan rentan untuk tertular penyakit kutil kelamin lagi dikarenakan melakukan hubungan seksual dengan lebih dari satu orang atau satu pasangan yang riwayat hubungan seks nya tidak jelas.

Serta kutil kelamin paling sering menginfeksi seseorang jika tidak menggunakan pengaman/ pelindung atau kondom, aktif seksualnya dimulai dari usia dini/ remaja, selain itu penularannya dapat terjadi dari sexs toys atau alat bantu seks yang telah terpapar virus HPV.

Penyakit kutil kelamin ini juga bisa disebabkan oleh dirinya sendiri dikarenakan kurangnya menjaga kebersihan pada bagian organ intim/ tidak pernah membersihkan organ intim, tidak mencuci bagian alat kemain setelah kencing, tidak mengganti celana dalam sehingga mengakibatkan bagian intim menjadi lembab dan kotor sehingga mengakibatkan virus-virus bersarang di organ intimnya.

Awas, Inilah Gejala-Gejala Maupun Tanda Kutil Kelamin!!

- Terasa sakit saat melakukan hubungan seksual dengan pasangannya dan saat melakukan hubungan seks mengeluarkan darah.

- Terasa gatal-gatal disekitar area kelamin pria maupun wanita

- Mengalami pembengkakan diarea kelamin

- Adanya bintik-bintik kecil diarea kelamin pria maupun wanita

- Bau busuk atau bau tidak sedap diarea kelamin pria mupun wanita

- Rasa sakit yang tidak tertahankan lagi

Selain kutil yang tumbuh diarea kelamin ada juga kutil yang tumbuh diarea dubur, awalnya kutil itu tumbuh sangat kecil sekali sehingga tidak jarang bisa dilihat dan diamati oleh kasat mata, tapi lama-lama kutil itu sendiri dapat merambat seperti kembang kol atau jengger ayam, dan terjadinya pendarahan atau keluar cairan yang bau dari dubur.

Bagaimanakah Kutil Kelamin Diatasi?



Jika Anda aktif secara seksual dan memiliki salah satu gejala kutil kelamin maka ada baiknya untuk segera menggunjungi dokter spesialis penyakit kelamin dan langkah awal konsultasikan langsung kepada dokter mengenai semua keluhan penyakit Anda

Dan perlu Anda catat bahwa jangan mengobati penyakit kutil kelamin dengan menggunakan obat-obatan penghilang rasa sakit kutil kelamin yang dengan dijual secara bebas diapotek-apotek tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter karena penggunaan obat secara sembarangan tanpa resep dokter dikhawatirkan akan menyebabkan iritasi pada area kulit yang terkena infeksi atau rasa sakit.

Lalu, setelah melakukan konsultasi dengan dokter, selanjutnya melakukan tes laboratorium, setelah ada hasilnya bisa melakukan ke pengobatan selanjutnya yaitu pengobatan terapi untuk menonaktifkan virus-virusnya.

Adapun pengobatan kutil kelamin ada dua yaitu bagian cara pengobatannya yaitu melalui pemberian obat-obatan topikal seperti salep, krim, atau cairan yang mengandung zat kimia khusus, dan yang kedua dengan prosedur ablasi atau bisa disebut dengan penghancuran jaringan kutil kelamin dengan cara dibakar, dibekukan dan dibedah atau istilah modern nya yaitu dengan sistem laser.

Namun, penyakit kutil kelamin pada wanita dianjurkan untuk melakukan pap smear secara rutin setiap 3 sampai 6 bulan setelah pengobatan pertama, menghilangkan kutil kelamin dengan cara bedah atau operasi memerlukan dana yang tidak sedikit atau sedikit mahal, tapi sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, agar diketahui tingkatan keparahan penyakit kutil kelamin Anda. 

Nah, itulah tadi berbagai macam pembahas mengenai penyakit kutil kelamin dan intinya untuk mencegah penyakit tersebut adalah dengan tidak melakukan hubungan seks bebas dan semoga saja artikel tersebut dapat menambah wawasan Anda yah.

Penulis: Aldy.amr.


Perbedaan Sunat Laser Vs Sunat Tradisional Menurut Dokter

Images By: Wikihow Mungkin kebanyakan orang tua masih bimbang untuk memilih metode mana yang paling pas untuk anaknya disunat, apak...