Apakah Penyakit Gonore Itu? Bagaimana Mengobatinya?



Tahukah Anda bahwa tingginya tingkat sex bebas di kalangan anak muda membuat timbulnya berbagai maca penyakit kelamin, salah satunya adalah penyakit gonore atau yang sering disebut kencing nanah oleh masyarakat awam adalah penyakit menular tertinggi yang terjadi pada masalah kelamin dan hal ini bisa terjadi pada pria maupun wanita.

Baca Juga: Apakah Kutil Kelamin Itu?

Perlu Anda ketahui bahwa penyakit gonore disebabkan oleh adanya bakteri yang bernama Neisseria Gonorrhoeae dan umumnya penyakit kelamin ini paling sering menginfeksi orang yang melakukan hubungan seks bebas atau berganti-ganti pasangan seks.

Karena mereka yang melakukan hubungan seksual dalam rentan waktu yang sering ataupun jarang, penularannya pun bisa dari berbagai jenis seperti hubungan seks yaitu seks vagina, oral ataupun anal).


Tanda dan Gejala Penyakit Gonore yang Perlu Anda Waspadai


Pada umumnya penyakit gonore ataupun ghonorea awalnya tidak memiliki gejala yang menonjol, sehingga para penderita yang terinfeksi jarang yang menyadarinya dan minimnya penggunaan kondom membuat infekesi ini sangat mudah untuk menginfeksi orang lain.

Seperti yang telah di jelakan di atas bahwa penyakit gonore ini menular pada hubungan seks karena bakteri Neisseria Gonorrhoeae ini hanya dapat bertahan hidup didalam tubuh manusia dan tidak dapat menular pada makanan, gelas yang bergantian, tempat duduk toilet, berciuman.

Pada pasien yang sudah terinfeksi bakteri tersebut akan muncul berbagai gejala, dan jika tidak segera dilakukan pengobatan maka akan  menimbulkan komplikasi yang lebih serius dan berikut di bawah ini adalah beberapa gejala dan tanda penyakit gonore, diantaranya:

- Keluarnya cairan berwarna kekuningan atau seperti nanah pada area kelamin

- Bengkak pada area kelamin

- Rasa seperti terbakar pada saat buang air kecil

- Pada wanita akan mengalami cairan keputihan yang tidak normal berwarna kekuningan atau kehijauan

- Nyeri perut atau panggul bawah

- Rasa terbakar saat buang air kecil

- Sakit saat melakukan hubungan seksual

- Perdarahan diluar masa menstruasi

- Nyeri pada area perut bagian bawah

Apakah yang Terjadi Jika Penyakit Gonore Tidak Diobati?


Tahukah Anda pada wanita yang telah terinfeksi gonore yang tidak diobati maka mereka akan mempunyai resiko komlikasi lebih tinggi dibandingkan dengan pria, karena umumnya infeksi yang tidak diobati pada wanita mungkin akan melibatakan saluran rahim, tuba valopi dan ovarium.

Kondisi ini juga dapat merusak organ wanita dan menimbulkan rasa sakit dan pada pria mungkin mengalami jaringan parut pada uretra, pria juga dapat mengalami abses yang menyakitkan pada bagian Mr P dan perlu Anda perhatikan bahwa hal ini juga dapat memicu kemandulan.


Bagaimanakah Cara Mengobati Penyakit Gonore?



Perlu Anda ketahui bahwa ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk pengobati penyakit gonore dan biasanya pengobatan penyakit gonore dibagi menjadi dua pengobatan utama, cara tradisional dan cara medis, dan berikut di bawah ini adalah penjelasannya:

- Cara Tradisional
Pengobatan cara tradisional memang sudah digunakan secara berabad-abad oleh masyarakat di Indonesia untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit salah satunya gonore dan cara ini dianggap mudah namum efeknya tidak begitu terlihat dan rentang waktu penyembuhan yang cukup lama.

Biasanya cara tradisional yang digunakan seperti penggunaan bahan bahan herbal yang tersedia dialam, biasanya ramuan tersebut dicampur dengan beberapa bahan herbal direbus lalu diminum.

Namun, kekurangan pada pengobatan herbal ini juga tidak ada tempat berkonsultasi secara maksimal untuk pemecahan masalah dan belum terbukti ampuh untuk menyembuhkan permasalahan tersebut.

- Cara Medis
Pengobatan secara medis mungkin lebih efektif dibandingkan dengan pengobatan tradisional karena terdapat berbagai cara serta peralatan medis yang modern, selain itu pasien juga dapat berkonsultasi secara dengan dokter spesialis dan dokter juga akan menjaga privasi pasien.

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai penyakit gonore dan pada intinya agar tidak terinfeksi penyakit kelamin tersebut ada baiknya untuk tidak melakukan hubungan seks bebas dengan banyak pasangan dan hanya lakukan hubungan tersebut dengan pasangan yang sudah Anda nikahi dan semoga saja artikel di atas dapat bermanfaat bagi Anda.

Penulis: Aldyamr

Penyebab, Gejala dan Cara Mencegah Herpes Kelamin Pada Wanita

Mungkin banyak orang yang belum mengetahui bahwa herpes kelamin pada wanita dan pada pria merupakan salah satu jenis penyakit menular ...