Penyebab, Gejala dan Cara Mencegah Herpes Kelamin Pada Wanita

Herpes Kelamin Pada Wanita

Mungkin banyak orang yang belum mengetahui bahwa herpes kelamin pada wanita dan pada pria merupakan salah satu jenis penyakit menular seksual (PMS) yang sangat berbahaya, karena jika tidak segera mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat bisa menularkan pada pasangan seks.

Perlu Anda ketahui bahwa hampir sebagian besar herpes kelamin pada wanita disebabkan oleh adanya infeksi virus yang bernama Herpes Simplex Virus (HSV) dan HSV biasanya akan mempengaruhi alat kelamin dalam, luar, permukaan mukosa, daerah anus maupun bisa menginfeksi  kulit di bagian lain tubuh.

Baca Juga: Apakah Kutil Kelamin Itu?

Sehingga dengan mengetahui penyebab dan gejala awal herpes kelamin pada wanita maupun pada pria dapat mempermudah Kita untuk mencegah penyakit kelamin ini dan berikut di bawah ini adalah penjelasan lengkapnya untuk Anda.

Wajib Tahu, Inilah Penyebab Herpes Kelamin Pada Wanita dan Pria


Tahukah Anda bahwa ternyata hampir sebagian besar kasus penyakit kelamin ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui aktifitas seksual yaitu seks vaginal, anal, maupun oral dengan seseorang yang sudah terinfeksi penyakit kelamin? Dan hal ini juga bisa menyebabkan terjadinya herpes kelamin.

Dan seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa Herpes Simplex Virus (HSV) merupakan penyebab herpes kelamin dan penting untuk dicatat bahwa ada dua jenis herpes simplex virus yaitu: HSV-1 (herpes tipe 1, atau herpes oral) dan HSV-2 (herpes tipe 2, atau herpes kelamin), lalu bagaimana virus ini bisa menginfeksi orang lain?.


Perlu Anda ketahui bahwa ketika HSV muncul di permukaan kulit orang yang sudah terinfeksi, maka HSV dapat dengan mudah diteruskan ke orang lain melalui aktifitas seksual dan bisa menular juga melalui kulit lembab yang melapisi mulut, anus, dan alat kelamin dan ternyata virus juga dapat menyebar ke orang lain melalui area kulit lainnya, serta mata.

Dan ternyata seseorang tidak akan terinfeksi dengan menyentuh objek yang telah terinfeksi, atau menyentuh permukaan kerja, wastafel, atau handuk yang telah disentuh oleh orang yang terinfeksi.

Virus HSV juga paling mungkin diteruskan tepat sebelum luka lepuh muncul, dan ketika terlihat atau luka tersebut sembuh dengan sendirinya akan tetapi HSV masih dapat ditularkan ke orang lain ketika tidak ada tanda-tanda wabah, meskipun kemungkinannya sangat kecil.

Gejala Penyakit Herpes Pada Wanita dan Pria

Herpes Kelamin Pada Wanita

Tahukah Anda bahwa ternyata banyak orang tidak pernah mengalami gejala herpes kelamin, meskipun mereka membawa virus, akan tetapi masih terdapat gejala herpes kelamin pada pria dan wanita yang bisa ditimbukan.

Dan kebanyakan orang sudah terinfeksi herpes kelamin tidak mengalami gejala selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun setelah terinfeksi

Mereka yang memiliki gejala selama periode awal biasanya akan memerhatikan gejala tersebut yang akan muncul sekitar 4 hari setelah terinfeksi (kisaran rata-rata adalah 2-12 hari).

Banyak orang yang mengalami herpes bisa mengalami herpes kambuhan ataupun herpes berulang dan ketika seseorang pertama kali terinfeksi, kekambuhan cenderung terjadi lebih sering.

Dan seiring berjalannya waktu, bagaimanapun, periode remisi menjadi lebih panjang, dan setiap kejadian cenderung menjadi kurang parah, dan berikut di bawah ini adalah gejala herpes kelamin:

A. Gejala Infeksi Herpes Primer
Infeksi primer adalah istilah yang digunakan untuk perjangkitan herpes kelamin yang terjadi ketika seseorang pertama kali terinfeksi dan gejala-gejalanya bisa sangat parah dan mungkin termasuk:

- Ciri-ciri herpes pada kelamin biasanya terdapat luka lecet dan ulserasi pada kelamin luar, atau di vagina, atau di serviks

- Mengalami keputihan tidak normal

- Rasa sakit dan gatal pada area kelamin

- Kelenjar getah bening yang membengkak

- Terasa nyeri saat buang air kecil

- Mengalami demam dan tidak enak badan

- Terdapat luka dingin di sekitar mulut

- Muncul lepuhan merah pada kulit

B. Gejala infeksi berulang
Tahukah Anda bahwa ternyata ciri herpes ataupun gejala herpes yang terjadi pada infeksi berulang cenderung lebih ringan dan tidak berlangsung selama yang mereka lakukan pada tahap infeksi primer. 

Biasanya, gejala akan berlangsung tidak lebih dari 10 hari dan termasuk:

- Terasa seperti terbakar atau kesemutan di sekitar alat kelamin sebelum luka muncul

- Pada herpes kelamin wanita mungkin akan mengalami lecet dan ulserasi pada serviks

- Terdapat luka dingin di sekitar mulut

- Terdapat luka lepuh berwarna merah

Bagaimanakah Cara Agar Mencegah Penyakit Herpes Pada Kelamin Wanita Maupun Pria?


Salah satu cara yang paling ampuh untuk mencegah penyakit herpes kelamin adalah dengan tidak melakukan hubungan seks bebas dan ada baiknya hanya lakukan hubungan seks dengan pasangan Anda yang sudah Anda nikahi.


Dan berikut di bawah ini adalah beberapa tips sederhana untuk mencegah penyakit herpes kelamin yang wajib untuk Anda lakukan, diantaranya:

- Jangan lakukan hubungan seks bebas.

- Selalu gunakan kondom saat melakukan hubungan seks.

- Jangan menggunakan seks toys secara bersamaan.

- Hindari penggunaan jarum suntik secara bergantian.

- Tidak melakukan hubungan seks jika mengalami gejala penyakit kelamin.

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai penyakit herpes kelamin pada wanita maupun pria dan ada baiknya jangan pernah menggunakan obat penyakit herves yang bebas dijual di pasaran untuk mengobatinya karena belum terbukti ampuh untuk menyembuhkannya.

Sehingga jika misalkan Anda maupun pasangan merasa terinfeksi maka sudah saatnya untuk melakukan pengobatan di Klinik Spesialis Penyakit Kelamin, karena dengan pengobatan yang tepat maka dapat mempercepat penyembuhan herpes kelamin dan semoga saja artikel di blogkesehatansegalausia ini bermanfaat.

Penyebab, Gejala dan Cara Mencegah Herpes Kelamin Pada Wanita

Mungkin banyak orang yang belum mengetahui bahwa herpes kelamin pada wanita dan pada pria merupakan salah satu jenis penyakit menular ...