Selain Untuk Kecantikan, Ini 5 Kegunaan Lidah Buaya

Kegunaan Lidah Buaya
Images By: wikihow
Kegunaan Lidah Buaya – Tanaman yang berasal dari Afrika dan bernama lain aloe vera adalah tanaman lidah buaya yang kini banyak ditanam di Indonesia. Anda bisa membeli lidah buaya dengan harga yang murah. Ada banyak jenis tanaman lidah buaya yang semuanya mengandung daging buah dengan gel yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Jika Anda pergi ke supermarket, pernahkah Anda melihat manisan atau minuman yang memiliki lidah buaya? Anda harus mencobanya karena rasanya sangat enak. Dibandingkan dengan nata de coco yang merupakan sari kelapa, lidah buaya memiliki rasa yang lebih crunchy dan lezat.

Baca Juga: Jenis Jenis Partisi Untuk Kantor

Setelah diminum dan dimakan lidah buaya akan memberikan sensasi dingin pada tenggorokan yang panas. Selain itu rasanya yang manis terbuat dari pemanis alami tidak akan membuat Anda batuk atau sakit tenggorokan. Inilah kelebihan dari tanaman lidah buaya yang dijadikan minuman.

Ada banyak cara mengkonsumsi lidah buaya lainnya di setiap daerah di Indonesia. Masing-masiong memiliki caranya yang unik dan menyegarkan. Tapi tahukah Anda bahwa lidah buaya bukan hanya sebagai makanan atau minuman pelega dahaga namun juga dapat memberikan banyak pengobatan pada berbagai macam jenis penyakit?

manfaat lidah buaya

Selain Untuk Kecantikan, Ini 5 Kegunaan Lidah Buaya


Tidak ada salahnya jika Anda mengkonsumsi lidah buaya setiap harinya tentu saja yang sudah diolah. Kegunaan lidah buaya yang sangat beraga tidak hanya sebagai tanaman hias namun juga sebagai pengobatan penyakit ini perlu diketahui. Semakin banyak manfaatnya maka akan semakin mudah Anda mencegah beragam jenis penyakit yang akan menyerang.

Berikut ini beberapa manfaat lidah buaya untuk penyakit yang sering menghampiri ketika pertahanan tubuh sedang melemah.

1. Mengatasi masalah maag

Anda sering mengalami masalah maag karena terlambat makan? Asam lambung yang naik seringkali memang membuat pertu tidak nyaman. Bahkan bisa menimbulkan perdangan lambung yang parah dan membuat muntah. Jika sudah mendapatkan kerusakan lambung yang parah amaka akan sangat berbahay bagi kesehatan.

Jika Anda mengalami masalah lambung karena maag sebaiknya segera obati dengan lidah buaya. Lidah buaya memiliki kandungan yang berfungsi sebagai pereda asam lambung. Semakin Anda sering mengkonsumsinya maka akan semakin menurun timbulnya asam lambung yang naik.

2. Atasi kanker tenggorokan

Ketika Anda menelan hasilolahan dari lidah buaya maka Anda akan menemukan rasa dingin yang segar, ini akan mencegah atau melawan sel kanker tenggorokan yang tumbuh karena berbagai sebab seperti sariawan. Sariawan yang dibiarkan terus menerus akan menimbulkan infeksi pada mulut dan menjadi sumber kanker.

Mengatasi kanker tenggorokan ini sebaiknya oleshkan gel lidah buaya pada area yang terkena sariawan. Rasanya akan lebih dingin dan tidak menyengat, sehingga akan lebih nyaman digunakan. Lakukan cara yang sama secara terus menerus hingga sariawan pada mulut hilang.

Baca Juga: Penyebab Jerawat Di Dagu

3. Mengatasi masalah kulit terbakar dan gatal

Manfaat lidah buaya untuk kulit gatal sebenarnya sudah banyak digunakan sejak zaman dahulu. Kegunaan lidah buaya ini bahkan memberikan resep turun temurun yang digunakan dain ditambahkan dengan bahan alami lainnya. Efek dingindari lidah buaya akan menurunkan rasa terbakar atau menyengat karena gatal.

Ketka kulit kering, lidah buaya akan memberikan kelembaban sehingga meredakan gatal yang amat sangat. Begitu juga dengan kulit terbakar yang disebabkan oleh api atau minyak. Anda bisa memblas terlebih dahulu dengan air kemudian mengoleskan gel lidah buaya.

Lakukan cara yang sama pada area kulit yang sakit hingga sembuh. Jika terdapat luka hitam bekas gatal atau luka bakar Anda bisa menggunakan lidah buaya terus hingga bekas lupa pun mejadi hilang. Hal yang sama bisa Anda lakukan pada bekas jerawat atau noda hitam di wajah.

4. Mengurangi kadar gula darah

Bagi Anda penderita diabetes maka Anda perlu mengkonsumsi lidah buaya secara rutin. Namun pastikan manisan atau sirup lidah buaya tanpa menggunakan gula atau pemanis buatan. Cara itu salah karena justru akan meningkatkan kadar gula darah. Kandungan manis sebaiknya didapatkan dari madu dan juga air atau Anda bisa mengkonsumsinya tanpa dicampur pemanis lainnya.

Mengapa lidah buaya dapat menurunkan efek gula darah dalam tubuh? Lidah buaya memiliki kandungan gula yang rendah sehingga akan memberikan sesitivitas terhadap insulin dalam tubuh. Ini akan menurunakkadar gula darah dan menjaganya tetap stabil.

5. Meningkatkan fungsi hati

Sangat penting untuk menjaga hati tetap sehat. Disinilah kegunaan lidah buaya diperlukan. Untuk mendapatkan hati yang tetap sehat, maka detoksifikasi dalam tubuh diperlukan.Hati memiliki fungsi untuk menyerap racun dalam tubuh jika sudah tidak berfungsi maka akan sangat berbahay bagi kesehatan tubuh.

Lebih baik mengkonsumsi lidah buaya untuk membantu kinerja dari hati untuk detoks tubuh. Maka hati juga akan mendapatan nutrisi yang baik dari lidah buaya dan dapat bekerja dengan maksimal selama Anda hidup. Untuk itu Anda perlu mengkonsumsi lidah buaya setiap hari dan Perhatikan Juga Efek Samping Lidah Buaya

Kegunaan lidah buaya yang sangat berlimpah juga diiringan efek samping yang harus diwaspadai. Reaksi lidah buaya sebagai obat herbal akan berbeda pada tubuh setiap orang. Maka sangat penting untuk mengamati reaksi setelah mengkonsumsi lidah buaya ini.

Nah perlu diketahui bahwa ada beberapa efek samping karena ketidakcocokan dengan konsumsi lidah buaya yakni seperti alergi. Misalnya jika Anda menggunakan lidah buaya pada kulit gatal atau terbakar namun tidak kunjung sembuh bahkan justru memicu timbulnya gatal sebaiknya hentikan karena bisa menimbulkan infeksi.

Apakah Konsumsi Lidah Buaya Belebihan Berbahaya?

manfaat lidah buaya


Lidah buaya yang salah pemaikaiannya atau digunakan secara berlebihan juga berbahaya. Jika dikonsumsi berlebihan bahkan dengan cara yang salah bisa menimbulkan efek urine yang berdarah, kejang, adanya dermatitis kontak, hipokalemia dan juga kontraksi pada rahim.

Lidah buaya yang juga dipercaya untuk meningkatkan metabolisme ini bisa menimbulkan efek sebaliknya yakni sebagai racun. Ini disebabkan penggunaan yang tidak tepat. Lalu bagaimana cara menggunakan atau mengkonsumsi lidah buaya dengan tepat?

Ketika Anda akan menggunakannya sebagai obat kulit maka gel yang keluar dari tyanaman setelah dikuas harus segera dibekukan jika ingin disimpan. Gel bisa saja rusak dan menjadi racun karena efek udara yang mencemarinya. Ketika kulit Anda termasuk kulit sensitif maka harus berhati-hati dan jangan terlalu sering menggunakan gel lidah buaya.

Perhatikan juga pengolesannay pada luka yang terbuka. Jangan paksakan lidah buaya pada luka yang terlalu dalam. Ini akan menimbulkan infeksi karena bercampur dengan darah dan juga bakteri. Akan menimbulkan tetanus yang serius.

Jika mengkonsumsinya pastikan jenislidah buaya yang berbentuk suplemen tidak dikonsumsi oleh anak di bawah 12 tahun. Lambung mereka tidak akan kuat mencerna suplemen lidah buaya. Lidah buaya yang diolah menjadi jus sebaiknya langsung diminum, jus yang sudah dibuat tidak akan tahan lama selain itu jangan konsumsi setiap hari hanya karena tenggorokan panas.

Penulis: Aldy.amr


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

7 Cara Membuat Pipi Tembem dengan Mudah dan Alami

Cara Membuat Pipi Tembem - Tidak semua wanita suka dengan tampilan pipi tirus. Kebanyakan beranggapan bahwa pipi yang  tirus memperliha...